//Konsep Pemberdayaan UMKM Melalui Workshop Pengelolaan Website Pemasaran

Konsep Pemberdayaan UMKM Melalui Workshop Pengelolaan Website Pemasaran

Pada tanggal 29 April 2013 s.d 4 Mei 2013, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Website Pemasaran.
Workshop ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan praktis kepada para pengusaha di Kota Cimahi untuk dapat memanfaatkan internet dalam operasional pemasarannya. Dengan memanfaatkan internet, diharapkan bahwa UMKM akan mengefisiensikan dan mengefektifkan segala sumber daya / biaya pemasaran, serta mendongkrak omzet para pelaku usaha/pengusaha.

Pelatihan ini dilaksanakan di 2 (dua) tempat yang berbeda, untuk acara pembukaan serta materi umum dilaksanakan di Ruang Basic Science , P4TK BMTI, Jl. Pesantren Km. 2,7. Sedangkan untuk teknis workshopnya dilaksanakan di Ruang LSynch Laboratorium, Telkom Learning Center, Jl. Geger Kalong Hilir No. 47. Alasan melaksanakan workshop di PT. Telkom adalah untuk mengoptimalkan jaringan internet. Selain dari itu, PT. Telkom Indonesia juga terbuka untuk membantu Pemerintah Kota Cimahi dalam pemberdayaan UMKM di Kota Cimahi.

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini, adalah para narasumber yang dipandang kompeten dalam bidang bisnis online, antara lain :

• Anne Ahira, CEO dari www.asianbrain.com Anne Ahira adalah seorang pengusaha yang sudah sukses mengenalkan bisnis online kepada masyarakat Indonesia. Anne ahira juga pernah diundang sebagai pembicara di APEC tentang materi yang sama.

• Fikri Fatulloh, salah seorang expert dalam pemanfaatan Social Media seperti Facebook, Twitter, Twislert, Youtube Fikri Fatulloh juga merupakan salah satu praktisi di www.yukbisnis.com .

• Edwin Maidhanie, pemilik dari Maika Etnik yang telah dipandang berhasil dalam mengelola www.maika-etnik.com dalam menggerakan omset nya.

• Widodo, pemilik dari Mukena Fathiya, yang juga merupakan Ketua FK. PEL dan juga pengusaha online yang telah berhasil mendongkrak omzet penjualannya melalui situs www.mukena-fathiya.com.

• Relawan IT Jawa Barat

• Praktisi IT PT. Telkom Indonesia

Selain mendapatkan materi mengenai IT/Internet/Social media, para peserta juga mendapatkan materi tentang Manajemen Keuangan serta Desain Grafis Sederhana. Untuk meningkatkan capaian serta manfaat dari kegiatan tersebut, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi melibatkan para komunitas pengusaha di Kota Cimahi untuk penyeleksian peserta sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini, minimal sudah bisa mengoperasionalkan computer sehingga penyampaian materinya tidak terlalu sulit bagi para narasumber. Adapun komunitas yang dilibatkan adalah :

• Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Cimahi
• Forum Kemitraan Pengembangan Ekonomi Lokal
• Komunitas Wirausaha Muda Kota Cimahi
• Ikatan Entrepreneur Cimahi
• Asosiasi Pasar Tani
• Asosiasi Industri Kecil Menengah Agro
• Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Daerah Kota Cimahi

Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi juga selain memfasilitasi dalam kegiatan Workshop, juga memberikan fasilitasi berupa Modem Wifi dengan tujuan agar materi yang diperoleh dalam proses workshop ini dapat terus dipraktekan dalam kehidupan bisnis sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta, beberapa forum komunitas sepakat untuk melanjutkan pembelajaran tentang bisnis online dengan mengadakan pertemuan-pertemuan rutin untuk mempraktekan bersama apa yang telah didapat pada pelatihan tersebut. Diantaranya adalah kegiatan Pengajian IT yang diselenggarakan oleh FK. PEL Kota Cimahi. Adapun hasil dari kegiatan ini, para peserta sudah memiliki blog masing-masing serta memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan social media untuk mencari calon pembeli dan melakukan usaha promosi.

Langkah Pemerintah Kota Cimahi memberikan fasilitasi workshop untuk melakukan usaha pemasaran di dunia maya merupakan salah satu langkah untuk juga mengenalkan Kota Cimahi secara luas di dunia maya. Kepala Kandatel Lembang yang membawai wilayah Bandung Barat dan Kota Cimahi PT. Telkom Indonesia, menyatakan bahwa Kota Cimahi memiliki ikatan batin yang kuat dengan para pelaku usaha / masyarakatnya sehingga rasa tanggung jawab bersama untuk membangun Kota Cimahi semakin kental dan semakin kuat. PT Telkom Indonesia juga menyambut baik dengan adanya Workshop pengelolaan Website Pemasaran ini, para pelaku usaha di Kota Cimahi dapat secara aktif memanfaatkan Plasa Telkom Cimahi untuk berkonsultasi tentang apa-apa yang menjadi kesulitan dalam melaksanakan bisnis online. Para pemateri pun yang berasal dari Relawan TIK Jawa Barat, bersedia menjawab secara online / off line pertanyaan para peserta Workshop Pengelolaan Website Pemasaran.

Kegiatan ini ditutup langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi, dalam penutupan kegiatan dilakukan juga penandatanganan Kesepakatan yang melibatkan seluruh Ketua Komunitas usaha di Kota Cimahi agar dalam tindak lanjut kegiatan ini, adalah tanggung jawab bersama untuk memaksimalkan manfaat kegiatan juga tanggung jawab memanfaatkan fasilitasi modem yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Cimahi.

Sumber : http://www.cimahikota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=827:konsep-pemberdayaan-umkm-melalui-workshop-pengelolaan-website-pemasaran&catid=46:seputar-cimahi

BACK

By | 2016-12-02T08:10:14+00:00 June 14th, 2013|Blog|Comments Off on Konsep Pemberdayaan UMKM Melalui Workshop Pengelolaan Website Pemasaran