//Tas Unik Dari Kain Perca

Tas Unik Dari Kain Perca

Banyak cara untuk membuat tas unik. Kali ini kami akan secara khusus membahas tentang tas unik dari kain perca. Apa sih kain perca? Banyak dari kita sangat akrab dengan istilah ini namun tidak bisa mendeskripsikannya. Kain perca adalah kain yang berasal dari sisa-sisa pakaian dan kerajinan. Sangat wajar kan industry tekstil menghasilkan limbah karena di dalam prosesnya melibatkan gunting-menggunting. Daripada dibiarkan mubazir, sebenarnya potongan-potongan tersebut masih bisa dipergunakan untuk membuat barang bernilai jual. Biasanya orang memakai limbah kain tersebut untuk membuat tas, caranya cukup dengan dijarit. Membuat tas dari kain perca lebih ke soal teknik. Jika tidak punya keterampilan, menjahit potongan-potongan kain yang tidak simetris akan terasa menyulitkan.

Agar tidak mengubah makna, sebaiknya kita menjabarkan teknik merajut kain perca dari bahasa asalnya. Ada teknik yang disebut dengan quilting, applique, dan patchwork. Ketiganya memiliki ciri khas masing-masing. Dimulai dari patchwork, ini merupakan teknik menempelkan kain dengan mengikuti pola yang berulang. Sementara itu, applique adalah teknik untuk membuat objek tertentu dari susunan kain tersebut. melihat dari definisinya, memang sepertinya teknik applique lebih sulit. Namun ada satu kesamaan, kedua teknik ini akan menghasilkan tas unik. Yang terakhir merupakan teknik quilting, ini lebih ke penyempurnaan untuk kedua teknik sebelumnya.

Perca sangat diminati sekarang ini. Bagaimana tidak, dengan modal yang minim karena memakai kain sisa, bisa dibuat karya dengan harga jauh lebih tinggi. Bukan hanya tas unik saja, namun kain ini juga banyak diproses kembali untuk membuat sprei, sarung bantal, dompet, taplak, dan produk kerajinan lainnya. Meskipun dibuat dari kain yang sudah tidak dipakai, bukan berarti tas yang dihasilkan memiliki kualitas rendah. Itu sangat tergantung dari kualitas bahan bakunya.

Jika bahan bakunya adalah kain yang memiliki kualitas bagus, maka hasil tasnya juga akan sangat bagus dan kuat. Industri rumahan berbahan kain perca levelnya tidak hanya dalam negeri saja, namun sudah banyak pengusaha yang menjual produk mereka ke luar negeri. Yang terjun di bisnis ini sudah sangat banyak. Meskipun market ini sudah penuh sesak oleh pengusaha, diversifikasi usaha bisa menjadi dasar untuk menghidupkan usaha. Buat kreasi yang unik dan berbeda dari apa yang telah ditawarkan. Itu tadi kreasi tas unik dari kain perca.

By | 2016-12-02T08:10:11+00:00 February 4th, 2015|Fashion|1 Comment

One Comment

  1. tintin February 1, 2016 at 7:30 pm - Reply

    i like etnic bag

Leave A Comment